PemDes Puding Gelar Posyandu, Pelayanan tumbuh Kembang Anak, ibu Hamil dan Lansia

oleh -33 views

Poto Dokumentasi

Bengkulu Selatan – Tribun Sumatera.com – Kader Posyandu Puding Melaksanakan kegiatan posyandu yang dilakukan rutin tiap bulan oleh warga Desa Puding. Kegiatan posyandu ini terdiri dari posyandu ibu hamil, anak dan lansia, bertempat di aula serbaguna desa Puding, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan. Senin, 22/04/2024.

Pos pelayanan terpadu atau sering disebut posyandu, merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan di desa, untukku masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan Puskesmas Anggut. Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan masyarakat.

Saat posyandu balita serta dilakukan penimbangan rutin berat badan, berat badan ini ditulis dan dipantau bagaimana perkembangannya tiap bulan. Pengukuran tinggi badan juga dilakukan agar bisa melihat bagaimana pertumbuhan tinggi badan balita.

Pemberian vitamin juga diberikan agar asupan nutrisi pada balita bisa terpenuhi. Dalam kegiatan posyandu ini juga diberikan imunisasi bagi para balita yang belum di imunisasi. Setelah selesai di imunisasi balita diberi bingkisan atau makanan penambah nutrisi untuk balita.

Posyandu Ibu hamil juga rutin dilakukan, beragam kegiatan dilakukan untuk para calon ibu. Mulai dari pengisian buku kesehatan ibu dan anak ( KIA). Pengecekan apakah ibu sudah mendapatkan suplemen atau vitamin dari puskesmas.

Serta pengisian stiker perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi yang nantinya akan ditempel di depan rumah agar saat tiba waktu persalinan ibu segera mendapatkan bantuan.

Senam kehamilan juga diberikan pada para ibu hamil. Senam ini memiliki berbagai manfaat diantaranya untuk memperkuat otot dan sendi ibu hamil, memperkuat jantung dan paru paru.

Posyandu lansia diadakan untuk menjaga kesehatan para lansia di Desa Puding, Penimbangan berat badan dilakukan secara rutin tiap bulan nya. Selain itu pengecekan tekanan darah juga dilakukan rutin untuk menghindari lansia yang rawan mengalami hipertensi. Lansia juga diberi makanan yang bergizi agar kesehatannya selalu terjaga.

Dalam kegiatan posyandu ini Kepala Desa Puding “ Yayan ” mengatakan “ya kami melaksanakan posyandu rutin lansia, balita dan Ibu hamil tiap bulan guna mengetahui kesehatan masyarakat Puding, dengan hal ini saya berharap kesadaran masyarakat kuat untuk memeriksakan kesehatan mereka setiap bulan” harap beliau. (Adv/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.