Rekrutmen Pengawas TPS Mulai Dibuka, Gratis Tanpa Biaya

oleh -177 views

Poto Dokumentasi Ilustrasi Rekrutmen PTPS 

Tribun Sumatera.com – Bengkulu Selatan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu Selatan, segera membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Perekrutan, akan langsung dilakukan oleh Panwascam di setiap kecamatan. Pendaftaran akan dibuka pada 2 Januari hingga 6 Januari 2024 atau hanya dibuka selama 5 hari.

Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi HPPH M. Arif Hidayat mengatakan, bagi masyarakat yang berminat segera lakukan pemantauan di akun-akun media sosial milik Bawaslu Bengkulu Selatan.

“Sementara waktu kita masih menunggu petunjuk, kalau wewenang melaksanakan perekrutan semua ada di Pengawas Tingkat Kecamatan (Panwascam). Agar tidak ketinggalan informasi, sering gunakan akses medsos Bawaslu Bengkulu Selatan,” jelas Arif, Rabu (27/12/2023)

Berdasarkan peraturan perekrutan PTPS sangatlah terbatas karena, di setiap TPS yang ada di Bengkulu Selatan berjumlah 584 TPS hanya satu orang pengawas.

“Kita kan 584 TPS total keseluruhan. Jadi karena setiap TPS hanya satu petugas PTPS, jadi perekrutan hanya 584 orang,” ungkap Arif.

Sementara, jadwal perekrutan PTPS sendiri dimulai dari pendaftaran pada tanggal 2 Januari 2024, lalu dilanjutkan penelitian berkas pada 2 – 6 Januari 2024. Selanjutnya, jika masih terdapat kekurangan, maka Bawaslu berhak melakukan perpanjangan selama 2 hari, di tanggal 7 – 8 Januari 2024.

“Tertulis di timeline, jika terdapat kekurangan wajib dilakukan perpanjangan selama 2 hari waktu pendaftaran. Jika tidak ada kendala, tentu perpanjangan tidak ada,” kata Arif.

Lebih lanjut, Arif menyambung bahwa tanggal 10 Januari 2024 Bawaslu Bengkulu Selatan melalui Panwascam akan melaksanakan proses pengumuman administrasi. Selanjutnya pada 18 – 19 Januari 2024,584 orang PTPS yang dinyatakan memenuhi syarat akan di umumkan. Terakhir, pada 22 Januari 2024 PTPS yang dinyatakan lulus segera dikukuhkan atau dilantik secara bersamaan.(MK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.