Tradisi Gotong Royong Jelang Ramadhan, Pemdes Pagar Dewa Serta Masyarakat Antusias Bersihkan Makam

oleh -233 views

Tribun Sumatera.com – Bengkulu Selatan – Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Pagar Dewa, Kecamatan Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Melakukan kegiatan gotong royong Jumat Bersih dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Pagar Dewa, Pada Jumat (01/04/22) Sekira pukul 09.00 pagi.

Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin dalam rangka menyambut Bulan Suci ramadhan. Kepala desa pagar dewa, Rusman Mahidi mengatakan, “ Gotong royong jumat bersih tersebut dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 hijriah, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kenyamanan untuk peziarah saat mengunjungi pemakaman dan mempererat tali silahturahmi antar masyarakat ” kata kades

Ia menyebut, Kegiatan ini menjelang bulan puasa sudah pasti akan banyak orang berziarah ke makam ini, Sehingga area pemakaman perlu di bersihkan agar nyaman untuk di kunjungi bagi para peziarah.

Ia memaknai kegiatan pembersihan makam lebih kepada tugas manusia yang masih hidup sebagai makhluk sosial untuk membersihkan “rumah” bagi saudara dan keluarga yang sudah meninggal.

Dalam kegiatan itu kita juga bisa saling bersilaturahim dan bahkan saling berbagi cerita dengan warga lainnya, karena semua kalangan ikut membaur bergotong royong. (Sonny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.