Warga Mengeluh Limbah Ayam Potong , DLHK Diminta Segera Turun Kelapangan

oleh -268 views

Tribun Sumatera.com –  Bengkulu Selatan – terkait adanya keluhan Warga yang selama ini tak kunjung bersolusi, DLHK berjanji dalam waktu dekat akan turun langsung kelapangan untuk melakukan peninjauan, hal tersebut diutarakan langsung oleh Kepala Dinas DLHK Haroni Rabu 30-11-2022.

Untuk diketahui dalam waktu yang lalu beberapa warga mengutarakan keluhannya dengan media ini, hal ini sebutkannya karena dalam beberapa lama ini mereka sangat resah atas bau busuk yang ditimbulkan dari tempat pemotongan ayam potong yang berada di daerah pemukiman mereka tepatnya, di RT 02 Kelurahan Ibul.

“Kami sudah sangat resah dengan adanya bau busuk yang datangnya dari pemotongan ayam potong di wilayah kami ini, terlebih pada musim hujan bau busuk yang ditimbulkan sangat terasa. Kami tidak usil dengan adanya usaha warga setempat, namun setidaknya pengusahanya dapat mematuhi standar usaha tersebut jangan sampai mengancam kesehatan warga sekitar” terang RN dikutip lansung dari media targethukum

RN juga menambahkan bahwa permasalahan ini sudah ada diurusi oleh beberapa pihak namun nampaknya tidak juga bersolusi, malahan inpormasinya pengusaha sudah memenuhi standar sebagai tempat pemotongan ayam, namun kami juga tidak cukup batas disitu, sudah berapa kali saya mencoba melakukan siaran langsung saat mereka sudah menghidupkan mesin untuk kerja bertepatan bukan musim hujan memang air sisa mereka bekerja masih mengalir kencang diareal pemukiman tanpa pembuangan yang jelas. Oleh dengan kita menduga hal inilah yang menjadi pemicu timbulnya bau busuk di permukiman warga, tambah RN.

Saya juga mewakili beberapa warga yang terkena imbas berharap agar Pemerintah khususnya Dinas yang membidangi dapat, dengan serius tangani keluhan kami. Hal ini jelas apabila tidak ada solusinya dapat mengganggu kesehatan warga disekitarnya, tutup RN.

Hal ini jelas harus didukung juga oleh masyarakat, karena upaya Pemerintah dalam peningkatan kesehatan mestinya harus bersamaan dengan dukungan masyarakat dengan cara bersama sama menjaga lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Menanggapi apa yang terjadi dilingkungan Kelurahan Ibul RT 02 Ketua LSM Kibar Kabupaten Bengkulu Selatan Hotma angkat bicara “apabila apa yang dikeluhkan warga tersebut benar adanya, kiranya Pemerintah tidak bisa diam kiranya pihak terkait mestinya turun dan atasi hal tersebut. Jangan sampai hal itu nantinya timbulkan berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang Warga” ungkap Hotma.

Hotma juga menjelaskan jangan sampai dengan adanya kejadian ini ada yang dirugikan, namun Pemerintah harus memfasilitasi agar pengusaha tetap terus jalan namun mengikuti SOP dan masyarakat setempat juga tidak terganggu atas usaha tersebut, terlebih hal itu sangat mengancam kesehatan warga. Oleh sebab itu penting jadi perhatian pengusaha tetap jalan, Warga tidak terganggu, tutup Hotma.

Hingga berita ini diterbitkan konfirmasi dengan pihak- pihak terkait lainnya sedang dalam upaya. (BPA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.